Senin, 17 Desember 2018

NASKAH DRAMA : NIRWANA si GADIS CANTIK NAMUN MANJA


Pada suatu hari terdapat sebuah desa
Dipimpin kepala desa bijak berwibawa
Tapi keluarganya juga belum sempurna
Karena masih menanti buah hati tercinta


Babak I
Latar : sebuah pasar
(suasana pasar)
Mpok Avia: Eh jengg Lilis
Mpok Lilis : Eh jengg Via. Apa kabar?
Mpok Avia : baik jeng.
Mpok lilis : iye udah lama ye kite ga ketemu. Abis beli apaan lu btw?
Mpok avia : biasa, beli baju nih. Lo beli apaan juga?
Mpok Lilis : oalah, iniih nih beli sayuran buat laki gue
Mpok avia : oh gituu.
Mpok lilis : Ih seneng deh yaa liat warga2 kita pada rukun2 damai adem gt
Mpok avia : ih iyaa seneng bgt. Ini semua gara pak kades kita itu tuuh yg bagus bgt
Mpok lilis : emang tuh kita pak kades kita mantep bgt. Kita harus pilih dia terus jadi kades. Tapi ngomong2, kasian deh pak kades kan ga punya anak. Kemana2 beduaan mulu sm bu kades
Mpok avia : ah iya kasian yaa. Oh iya biar rakyat kita makin sejahtera

(Semua yang ada di pasar menyanyi)
Kami para warga
Dari desa nuansa raya
kami hidup sejahtera
dengan kades tercinta

Babak II
Latar : rumah pak kades
Ibu kepala desa sedang sedih, karena sudah 10 tahun pernikahannya dengan kepala desa, masih juga belum mempunyai keturunan
Ibu Kades : (nangis)
Kades : Neng.. kenape sedih banget begitu ampe nangis-nangis? (sambal ngelus-ngelus kepala ibu kades)
Bu kades : Gimana aku gak sedih? udah bertahun-tahun kita menikah, tapi belum juga dikaruniai seorang anak
Kades : hmm udah neng, berarti Allah belum percayain kita buat dititip seorang anak. Sekaranf kita cuma bisa nunggu sambil berikhtiar dan berdoa
Bu Kades : iye ye baang..
Kades : Udah. sekarang gak usah sedih lagi. Yuk kite ke depan dulu dah biar gak sumpek.

Babak III
Latar : dapur
Karena suara tangis bu kades terdengar ke seluruh rumah, tidak sengaja pembantu yang ada di rumah kepala desa mendengar percakapan mereka.

Bi wati : eh eh nyonya kenapa tuh?
Bi lilis : iye ye ada apaan sih kok nangis-nangis?
Bi wati : tadi sih gue denger-denger, gara dia cape udah 10 tahun blm punya anak juga
Bi lilis : oh iye ye kasian jg tuh. Hmm. Aha. Gue ade solusinye.
Bi wati : apaan tuh apaan?
Bi lilis : Gmn kalo kita bawain aje ke nyonya ramuan herbal yg kaya temen gue minum waktu ntu tuh dari arab
Bi wati : ah boleh.. boleeh... gue jg ada tuh dulu bekas sodara gue dari china langsung punya anak 11
Bi lilis : yaudah yuk, kite langsung samperin nyonye aje yuk..

Babak IV
Latar : kamar kepala desa
 Bu kades masih saja sedih, boneka dipeluknya. Karena saking ingin punya anaknya.. para pembantu yang iba pun menghampiri bu Kades

Bu Kades : Andai aku punya anak, pasti sekarang dia lagi mainan boneka ini uhuhuh (nangis sambal meluk-meluk boneka)
(tok tok tok)
Bu kades : masuk uhuhu
Bi wati : permisi nyonya (sambil buka pintu), nyonya kenapa? Kok nangis?
Bi lilis : iye nyonya knp? Kok nangis.. ya Allah nyonya, istighfar-istigfar
Bu kades : gimana saya ga nangis coba? Udah 10 tahun saya belum juga punya anak uhuhu
Saya pusing tau banyak yang nanyain kapan punya anak? Ibu kok belum punya anak? Coba kalian jadi saya!! Pusing ga? Udah gitu saya iri setiap ada arisan para bu kades, mereka pada bawa anak. Sedangkan saya? Cuman bawa tas!!!
Bi Lilis : sabar nyonye, udeh-udeh istigfar nyonye
Bi wati : iya iih nyonya, sabar-sabar. Udah tenang aja nyonya, kita ada solusinya
Bu kades : gitu dong. Kasih saya solusi. Jangan cuman nyuruh saya sabar aja!
Bi lilis : iyee bener tuh. Saya ada ramuan nih nyonya. Behh mantep. Dari arab. Temen saya jadi tkw di arab pas minum ramuan itu langsung hamil 13 biji anak
Bi wati : iyaa nyonya, mak saya juga 15 biji anak minum ramuan China ini
Bu kades : beneran nih? Boleh deh, tapi saya bilang dulu ya sama si bapak
Bi lilis : Iye tenang nyonya kita ambilin dulu deh yaa. Tenang-tenang.
Bu kades : yaudah gih sana ambil

Babak V
Latar : ruang tamu
Sore harinya kepala desa pulang kerumah. Melihat istrinya yang sedang memegang dua botol besar. Pak kades yang curiga pun, langsung bertanya kepada bu kades

Pak kades : assalamualikum
Bu kades : Eh, abang udah pulang (salim)
Kades : Apaan tuh botol? ngejreng bener
Bu Kades : Ini ramuan bang dari si Bibi
Kades : Ramuan? ramuan apaan? halal gak tuh?
Bu Kades : dari arab masa iya ga halal si bang?
Kades : ooh yaudah dah coba gih. Bismillah..

Babak VI
Latar : ruang tamu
Sudah sebulan lebih ternyata ramuannya tidak juga berhasil. Bu kades pun kesal dengan para pembantunya, tetapi sudah tidak sanggup untuk marah-marah. Akhirnya bu kades cuman bisa diem saja merenungi apa yang telah terjadi. Pak kades yang melihat bu kades pun langsung mengahmpiri bu kades

Kades : etdah kenapa neng? cemberut banget? ampe ditekuk tujuh itu bibir
Bu Kades : (masih diam)
Kades : Yaudeh sabar, Neng.. Oiye semalem abang pan Istikhoroh
Bu Kades : solat istikhoroh? Kok abang ga ngajak-ngajak si? (makin bete)
Kades : maap neng, abis neng tiap malem pules betul tidurnya. Neng neng nih abang lanjutin ya, Terus abang baru inget nih. Langsung dapet mimpi semalem.
Bu kades : mimpi apa bang?
Kades : Yang dimimpi abang tuh neng, ada Tabib perempuan yang ciri-cirinye badannye gede terus suka ngeganyem mulu gitu.. die ada di gunung yg gersaang banget
Bu Kades : tapi di mana itu gunung bang?
Kades : duh gak tau juga deh yee.. hehe. Yang di mimpi cuna begitu. Tapi Abang yakin bener dah kalo ini bisa jadi jalan kite buat bisa dapet keturunan
Bu kades : yaudah bang, buru gih cari itu tabib..
Kades : iye neng, ntar dulu ye abang kan baru pulang. Ntar malem abang coba minta tolong sama bawahan abang buat nyari tu tabib ye, sekarang abang mau makan. Neng ga laper? Abang laper nih
Bu kades : yaudah yuk bang kita makan.

Babak VII
Esok harinya, bi wati menerima surat yang isinya alamat rumah tabib dari orang yang tidak dikenal, tetapi orangnya langsung pergi. Bi wati langsung menghampiri kades yang sedang membaca koran di ruang tamu
Latar : ruang tamu

Kades : (lagi baca koran)
Bi wati : pak, bapakkk ini ada surat dari orang yang ga di kenal
Kades : surat? Surat apaan?
Bi wati : tadi orangnya bilang, kalau ini alamatnya tabib yang sedang bapak dan nyonya caro.
Kades : oh terima kasih bi
Bi wati : iya pak sama-sama, semoga cepat dapat anak ya pak. Bibi ke dapur dulu
Kades : iya bi, aamiin doain ya. Yaudah bi saya mau langsung ketempat ini dulu

Babak VIII
Kades langsung ke tempat tabib yang ada di dalam mimpinya, jalannya sama percis dengan mimpinya.
Setibanya kades tiba di rumah yang ingin ia tuju, Ia terlihat agak ragu karena takut salah rumah, lalu kades mengetuk pintu rumah

Kades : (mengetuk pintu rumah) assalamualaikum
Tabib : waalaikumsalam, sebentar (membuka pintu)
Kades : apa benar ini rumah tabib yang terkenal itu?
Tabib : terkenal? Wah saya ternyata terkenal juga ya HAHAHA
Kades :  (menyeringitkan jidat), jadi ibu ini, ibu tabib ya?
Tabib : jangan panggil saya ibu, panggil saya kanjeng tabib pocky-pocky
Kades : pocky-pocky? Aduh ribet banget si ini orang. Kayanya mimpi gue salah deh
Tabib : btw, bapak ada keperluan apa ?
Kades : jadi gini bu eh kanjeng, saya sudah menikah selama 10 tahun, tapi belum juga memiliki keturunan bu, padahal saya dan istri saya sudah melakukan banyak cara, seperti minum ramuan dari china, dari arab, dari dokter, tetapi kami masih belum mempunyai keturunan
Tabib : oo tenang saja bapak, saya ada herbal alami 100% produk Indonesia. Sebentar saya ambil dulu
Kades : maap nih kanjeng, saya ga di suruh masuk?
Tabib : oh iya saya forget. Silahkan masuk pak
Kades : (masuk kedalam rumah dan melihat-lihat sekitar)
Tabib : ini adalah ramuan paling ampuh dari yang pernah ada.
Kades : bener nih kanjeng?
Tabib : ya benar sekali, ramuan ini sangat mahal karna sangat ampuh, jangan lupa di bayar yah, ini rekening saya.
Kades : pocky-pocky bank? 0813 ini bener nomer rekening kanjeng?
Tabib : coba saya liat? Eh iya bener ini mah nomer saya. Sebenentar saya tulis dulu (nulis nomer rekening) sudah kan pak? 500 juta ya pak. Jangan lupa di bayar malam ini kalau tidak, khasiatnya anak hilang dalam sekejap HAHAHA
Kades : iye kanjeng, matre bener ini kanjeng
Tabib : OH iya saya forget sesuatu. Bapak dan ibu hanya bisa memiliki satu anak. Dan jangan memanjakan anak bapak nantinya akan terjadi suatu musibah pada keluarga bapak. Inget itu pak!
Kades : oh iye deh, makasih kanjeng, kalau gitu saya pulang dulu. Nanti sampe rumah saya transfer
Tabib : semoga berhasil, tapi pasti berhasil

Babak IX
Sepulangnya kades dari rumah Tabib, ramuannya langsung diminum dan ternyata berhasil, sebulan kemudian bu kades dinyatakan hamil. Akhirnya penantian dan pengorbanan mereka terbayar sudah. Sembilan bulan kemudian bu kades mengalami kontraksi

Latar : Ruang Tamu

Bu Kades : (megang perut) Aduh… sakitttt… aw… BI WATIIII, BI LILI… TOLONG AKHHHH, SAKITTTT
Bi lilis : (lari menghampiri bu kades) Nyonyee kenapeee? Aduhhhh
Bi wati : kayanya mau lahiran ini mah… Tarik napas dalam-dalam nyonyaah
Bu kades : telfon bapak sekarang.. cepattt… akhhh sakittttttt
Bi lilis : iyee, nyonye sebentar

Tak lama kemudian pak kades dating Bersama tabib

Tabib : aduhh ibuu, bapak tunggu sini ya..
Kades : iye kanjeng.. yaallah semoga istri aye dan anak aye baek baek aja yaallah, aye mohonnnn (harap-harap cemas)

(Tak lama kemudian terdengar)

Nirwana : oe oe oe
Tabib : alhamdulilah, anak dan istri bapak selamat, ini anaknya sangat cantic (memberikan baby Nirwana ke pak kades)
Kades : alhamdulilah, cantiknyaa anak ayah, Anak ini akan saya namakan Nirwana, karena kelak Ia akan menjadi surganya saya. Semoga kamu solehah ya nak (nyium baby nirwana)
Tabib : yasudah saya permisi pulang dulu pak
Kades : terima kasih kanjeng. Uangnya akan saya transfer
Tabib : harus itu. Assalamualaikum (tabib Pulang)


Babak X
Enam belas tahun kemudian, nirwana tumbuh menjadi gadis yang sangat cantik dan sangat dimanjakan kedua orang tuanya. Ibunya lupa akan pesan dari tabib, sehingga nirwana menjadi anak yang sangat manja dan sombong.

Latar : ruang tamu

Nirwana : bi... bibi (mencak-mencak)
Bi lilis : aduuh. Singa ngamuk nih singa ngamuk
Bi wati : iya ih cepet-cepet ayo masuk
Bi lilis : kenapa non cantik?
Nirwana : lama amat sih, cepet ambilin sepatu aku..udah telat nih
Bi wati : aduh nonn, ngomongnya pelan2 dong bibi kan juga denger. Bibi cape nih udh tua ampe batuk2. Kan bibi jg udh urusin keluarga ini dari kecil
Nirwana : terus? Bukan urusan aku kali.. kalian kan dibayar sama orang tua aku untuk kerja
Bi lilis : baik non.. baiiik.. non cantikk.. non manis... non sayaang...
Nirwana : emang dari dulu aku cantik, kmana aja?!
Bi lilis : Tapii boong (wlee)
Bi lilis : nih non tasnya.. ati2 non di jalan (ngasih tas dan sepatu)
Nirwana : lama banget sih.. bundaaa.. bundaaa.. aku berangkat ya udah kesiangan nih

Babak XI
Di sekolah Nirwana mempunyai dua orang teman dekat, mereka selalu Bersama-sama, tetapi nirwana sangat malas di sekolah padahal Ia sangat pintar seperti Ayahnya.
Latar : Halaman sekolah

Avia : Eh itu Nirwana
Ayu : hei Nirwana.. di sini (sambil melambaikan tangan)
Nirwana : (nyamperin ayu dan avia) eh kita cabut yuk, bosen nih di desa gini gini aja
Avia : ayu yuk sumpek juga di desa
Nirwana : iyaa apaansi desa kotor, bau, penduduknya gajelas
Ayu : tapi kamu nanti jajanin kita kan?
Avia : iyaa aku laper nih uhuhu
Nirwana : tenang aja kenapa sih? Toh selama ini kan kalian aku terus yang bayarin. Yaudah yuk berangkaat

Babak XII
Nirwana dan teman-temannya pun bolos ke kota. Saat di kota

Ayu : Nirwana bukannya dua hari lagi kamu ulang tahun ya?
Nirwana : eh.. iya ya
Avia : Ultah kamu dirayain ga kaya anak kepala desa sebelah?
Ayu : aku denger anak kepala desa sebelah, ultahnya mewah banget lhooo
Nirwana : nanti deh aku minta ke ayah aku buat diadain acara yg mewah kaya anak kampung sebelah
Avia : bener ya Nir. Harus mewah
Ayu : jangan mau kalah sama anak kelapa desa sebelah Nir
Nirwana : pasti mewah lahhh kan aku anak orang kaya. Udah yuk kita makan aja aku laper nih
Ayu dan Avia : ayuk

Babak XIII
Setelah pulang dari Mall, Nirmala berniat untuk meminta ayahnya membuat pesta ulang tahunnya yang mewah

Latar : Ruang Tamu

Kades : (baca koran)
Nirwana : Assalamu'alaikum… ayaaaah (Salim)
Kades : Wa'alaikumussalam eeh anak ayah udeh pulang? Gimane tadi di sekolah belajar ape?
Nirwana : uuh banyak deh yah.. ayah capek ga? Sini aku pijitin (mijitin ayahnya)
Kades : yailee udeh tau bener nih ayah kalo kamu kayak begini ni
Nirwana : ayahhh aku mau ngomong deh
Kades : hmm pasti ada maunye ni
Nirwana : yahh aku kan besok ulang tahun, aku mau dirayain kaya anak kades sebelah
Kades : mending juga kamu tabung uangnya buat Biaya pendidikan tinggi kamu nanti. Dikit lagi kan lulus sma terus kuliah.
Nirwana : tapi kan aku mau dirayain trs ngundang semua temen" sekolah aku
Kades : tapi kan nak..
Nirwana : pokoknya aku gamau tau, aku mau dirayain. (pergi ke kamar)
Kades : Astagfirullah..

Bu kades mendengar Nirwana marah-marah langsung menghampiri pak kades

Bu Kades : ada apa si bang?
Kades : Itu si nirwana, minta dirayain ultahnya
Bu kades : yaudah rayain aja lah bang
Kades : mending uangnya dipake buat kuliah die.
Bu kades : tenang aja kan kita masih punya perkebunan, perternakan dan pertanian berhektar-hektar bang. Pelit banget sih sama anak sendiri
Kades : neng, neng lupe? Kita kan gaboleh manjain anak kite
Bu kades : bang! Nirwana itu anak kita satu-satunya!! Emangnya salah kalau kita manjain anak kita?
Kades : ….
Bu kades : udahlah bang, saya cape ngomong sama abang.. mau ke nirwana aja (pergi ke kamar nirwana)
Kades : ini nih kalau dimanjain pasti bakalan begini. Padahalkan udh dipesenin ga boleh dimanjain. Ckckc (lanjut baca koran)

Babak XIV
Nirwana berencana memberitahu teman-temannya perihal pesta ulang tahunnya yang sudah disetujui oleh Ibunya
 Latar : kamar nirwana
Nirwana : Halo, Avia, kamu dimana?
Nirwana : Temenin aku belanja buat acara ulang tahun aku yuk
Nirwana : tenang aja pasti aku beliin, lagian selama ini emang siapa yg bayarin kalian kalo bukan aku (dasar temen temen miskin, maunya dibayarin terus)

Babak XV
Latar : rumah Avia

Avi : hei yu, kita di ajakin nirwana ke mall buat nyiapin pesta besok nih
Ayu : aku ga mau ikut ah
Avi : kenapa ga mau ikut?
Ayu : aku ga suka sma dia, sombong bgt dia
Avi : aku juga sebenernya sebel bgt sama dia, tpi lumyan yu dia kn kaya, nnti kita bisa beli apa aja
Ayu :iya ya, udh aku ikut dehh
Avi : gmana klu kita kerjain dia,biar tau rasa
Ayu : tpi gmna cara nya
Avi : aku punya tmn di kmpung sblh, dia cewe sih tpi jago bgt,udh kaya preman deh pokoknya
Ayu : trs kita ke desa sebelah?
Avi : ini aku ada no telp ny, bntr ya ku telp dlu
Ayu : oke oke
Avi : beres yu, dia mau kita tnggu aja
Ayu : tpi aku tkut, dosa g ya kita
Avi : udah tenang aja kita g bakal ketauan kn kita ga ikut"n
Ayu: beneran nih
Avi : iya benerann yu

Babak XVI
Ternyata avia dan ayu berniat jahat kepada nirwana, mereka merencanakan agar nirwana jera, sehingga mefeka menghubungi para penjahat dari kampung sebelah

Latar : Gubuk derita

Intan : eh kalian berdua sini
Syania Rena : ada apa ini bos
Intan : ada kerjaan nih kita lu pada butuh uang ga
Syania Rena: butuh dong bos emang kerjaan kita apaan?
Intan : lu pada kerjain tuh anak ketua pak kades yg namanya nirwama
Rena : kenapa kita ga sekalian culik aja trus minta tebusan yg besar dia kan anak org kaya
Syania : bener tuh bos ide rena, tumben benar lu ren
Intan : okeoke saya setuju
Syania : tapi adil ga nih bos? Pembagiannya?
Intan : adil dong 80% buat bos, 10% masing2 buat kalian
Rena : iya betul itu udh adil
Syania : bos kita selain baik juga adil ya..

Babak XVII
Nirwana dan teman-temannya pergi ke kota untuk membeli gaun dan peralatan pesta ulang tahun, tetapi tak di sangka saat di Mall…

Nirwana : pada kemana sih? Lama banget.
Avia : Hai nirwana
Nirwana : lama banget si?! Keburu siang tau!
Ayu : maaf ya nirwana, tadi aku sakit perut
Avia : nirwana jangan marah-narah nanti cepet tua, maafin kita yaa..
Ayu : iya maafin kita yaa
Nirwana : ah sudahlah, ayo coba kita cari-cari gaun dulu
Avia : lets go

Di toko :
Nirwana : bantuin pilih dong
Avi : ini lucu nih
Ayu : iya yg ini bagus banget
Avi : udh kmu yg ini aja, kita berdua yg ini biar serasi
Ayu : iya nih, kita bakalan cantik bareng
Nirwana : iya yaudah aku juga suka nih
Ayu : tapi aku juga pengen bedak nirwana, aku ga punya
Avi : iya nih aku juga
Nirwana : yaudah sana kalian pilih nanti aku yg bayar tenang aja
Ayu : kita kan udah dapat smuanya nih, ayo sekarang aja kamu hubungin boss bro
Avi : oke deh, kita tingggalin dia dlu aja, biar ga ketauan
Ayu : ayo, kita ngumpet disini aja
Avi : nih boss bro udah di tkp yu
Ayu : kita plg aja yuk, aku takut
Avi : ayo aayo aku jugaa

Di sisi lain
Rena: kita ngapain disini?
Syania : kenapa sih bos dia lemot bgt
Intan : mau nyekap nirwana lah masa mau belanja kita kan gembel makanya culik org kaya
Rena : bos gimana kita mau nyulik si nirwana
Intan : bentar gua telpon temen gua yg nyuruh gua mau nyulik nirwana
W : jam berapa kita beraksi nih bos
Intan : kata temen gua, tunggu nirwana sendirian, baru kita beraksi
Syania & rena : oke siap bos kita pantau si nirwana

Babak XVIII
Nirwana sedang melihat-lihat gaun yang akan Ia beli, tanpa Ia sadari, Ia sudah ditinggalin oleh teman-temannya

Nirwana : pada kemana si? Lama banget beli bedak doang (nelponin ayu dan avia)
Nirwana : haduh mereka kok nomernya gaaktif ya? Haduh kok aku jadi khawatir sama mereka ya (jalan menuju keluar toko)

Intan : ayo cepet kita culik nirwana (jalan menuju nirwana)

Nirwana di sekap

Babak 19
Nirwana di culik, tanpa penculik sadari, di sana ada yang melihat aksi penculikan nirwana
Tabib : waduh.. itu kan nirwana anak hasil ramuan.. gawat harus buru-buru telfon orang tuanya
Tabib : halo pak kades, gawat, nirwana di culik. Yaudah nanti saya share lokasinya mereka di mana, ini saya akan ngikutin penculiknya. Siap pak

Babak 20
Mereka berhasil menculik nirwana, nirwana sangat ketakutan
Latar : gubuk derita

Intan : whahaha, akhirnya kita udah ga Misqueen lagi anak buah
Rena : whahaha
Syania : bener banget bos, tapi bos.. kita ga minta uang tebusan?
Intan : bener juga ya, sebentar gua telfon dulu orang tuanya nirwana

Intan : halo pak kades, apa kabar? Ada yang merasa kehilangan tidak? Wah anda benar selamat anak anda kami culik. Kalau ingin anak anda kembali kepada anda bayar 10 Miliyar. Kami tunggu sampai jam 10 malam ini. Kalau tidak anak anda akan kami jual HAHAHA (nelfon kades)

Syania : Gimana bos?
Intan : tenang mereka akan ke sini

Babak 21
Pak kades beserta ibu dan tabib datang ke gubuk derita, di sana ada aksi heroic dari ibu kades, tak sengaja seorang penculik bernama rena memukul ibu kades dan mereka langsung kabur dari gubuk derita tanpa membawa uang sepeserpun

Kades : (dobrak gubuk derita) serahkan anak kami
Ibu kades : nirwanaaaaa anakkku (lari ke nirwana)
Rena : (mukul ibu kades) mampus gue
Ibu kades : (pingsan)
Intan : ayo cabut, cepet keburu ketangkep polisi
Syania : ayo ren (narik rena)
Kades : Neng enab (langsung nyamperin bu kades)
Nirwana : hmmmmmm (masih di bekep)
Tabib : (bukain tali dan plester nirwana) ayok pak kades kita pulang, nanti saya obati ibu kades

Babak 22
Setelah hari penculikan nirwana, nirwana berubah menjadi anak yang baik. Ia sadar bahwa selama ini Ia salah karena menjadi anak yang manja. Di sisi lain, teman- temannya merasa bersalah karena sudah mencoba menjahati nirwana. Selain itu kabarnya penculiknya sudah ketangkep polisi dengan bantuan sakti dari tabib
Latar : Di rumah avia
Ayu : aku takut nih, ga tenang
Avi : iya sih aku juga takut sama pak kades dan bu kades
Ayu: kita harus gimana
Avi : kita liat yuk gimana keadaannya dia dan bu kades
Ayu: iya katanya bu kades pingsang
Avi : kasian juga ya sampai kepukul gitu
Ayu : gimana kalau kita minta maap duluan ke pak kades, daripada kita ketauan orang
Avi: seriusan?
Ayu : iyaa
Avi: yudah deh ayo ke rumah nirwana

Babak 23
Latar : rumah nirwana
Nirwana : bundaa, ayah (meluk keduanya)
Pak kades : uhh anak ayah, ada apa nih?
Nirwana : gapapa, nirwana saying ayah dan bunda
bu kades : bunda juga saying banget sama nirwana

tiba tiba ada yang dating
Avia ayu : assalamualaikum
Keluarga pak kades : waalaikumsalam
Nirwana : eh ayu avia, sini duduk
Ayu : terima kasih nirwana
Pak kades : yaudah bunda sama ayah ke dalam dulu ya
Avia : pak kades dan bu kades di sini aja.. kami mau minta maaf
Bu kades : minta maaf untuk apa? Kalian kan ga salah
Avia : jadi gini.. kami yang sudah menyuruh para bandit itu untuk mengerjai nirwana, taoi kami tidak menyuruh mereka nyulik nirwana. Sungguh.
Ayu : iya, kami minta maaf ya nirwana, pak kades, bu kades
Bu kades : oh jadi kalian.. alasannya kenapa kalian ingin mengerjai nirwana? Bukankah selama ini nirwana selalu baik ke kalian?
Nirwana : (nangis)
Avia : karena selama ini nirwana terlalu sombong.. padahal kami kan temannya tetapi Ia selalu sombong di depan kami. Kami minta maaf ya nirwana
Pak kades : sudah-sudah yang berlalu biarlah berlalu, nirwana kamu maafin mereka kan?
Nirwana : iya ayah. Ayu avia maafin aku ya kalau aku nyebelin di mata kalian. Aku sudah maafin kalian kok
Avia : aaa nirwana (meluk nirwana)

Bi lilis : (bawain minuman) duh senengnya yah akhirnya non nirwana jadi baik
Bi wati : iya lis
Nirwana : bibi maafin nirwana ya kalau nirwana sering marah-marah ke bibi
Bi lilis : tenang non, bibi selalu maafin non kok. Bibi udah anggep non anak sendiri
Bi wati : iya bibi juga. Bibi saying non
Nirwana : aaa bibi, nirwana juga saying bibi (meluk keduanya)

Pak kades : kan gini enak litany pada saling saying dan memaafkan..

selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar