Kamis, 17 September 2015

Tugas Esai : Demi Sang Idol 'JKT48'

               Ini adalah essay saat zaman saya masih kelas tiga wkkwk sebenernya saya baru lulus SMA tahun ini sih wkwk btw maafkan lah kalau ada banyak kelasahan penulisan dan maaf kalau pemikiran saya tidak sesuai dengan kalian heheh love you my readers <3. Dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pacar saya, mantannya pacar saya yang telah membantu saya walaupun sedikit sekali  bergunanya, ka nadyaaaa yang bener bener ngebantu banget, dan reza idung yang udah mau gue repotin buat nanya nanya ketemen dia wkwk dan buat sesa yang udah mau ngebantuin revisi wwk
Demi Sang Idol ‘JKT48’
Oleh Rika Khairana
           Dunia permusikan Indonesia lagi zaman boyband dan girlband. Dan ada yang berbeda, biasanya GB dan BB singkatan dari Girlband dan Boyband paling banyak 12. Tetapi ini ada lebih 32 orang bahkan ingin sedang mencari member lagi sampai 48 orang bahkan lebih, dan sistemnya pun unik dan fansnya pun kebanyakan laki-laki dan mempunyai gerakan setiap idolanya perfome, yaitu JKT48.  JKT48 adalah idol grup pertama di Indonesia yang dibawah naungan AKB48. Pembentukan JKT48 pertama kali diumumkan pada 11 September 2011 di sebuah acara AKB48 yang diadakan di Makuhari Messe di Chiba Wawancara untuk peserta berlangsung pada akhir bulan September, dengan audisi final untuk finalis pada 8 Oktober 2011 - 9 Oktober 2011. Dari 1.200 orang pelamar yang diwawancara, 51 pelamar lolos seleksi tahap kedua. Audisi tahap akhir berlangsung pada 2 November 2011. Setelah disaring kembali melalui tes menari Heavy Rotation dan menyanyikan lagu favorit, 28 orang peserta dinyatakan diterima Produser Yasushi Akimoto datang ke Jakarta untuk melakukan seleksi. Generasi pertama diperkenalkan pada 2 November 2011 dan diperkenalkan di situs web resmi JKT48 pada tanggal 3 November 2011. Di antara 28 anggota, ada salah satu anggota yang berasal dari Jepang yang bernama Rena Nozawa yang tinggal di Jakarta. Produser Yasushi Akimoto mengatakan JKT48 akan menjadi jembatan persahabatan antara Indonesia dan Jepang. AKB48 sendiri adalah salah satu idol grup paling terkenal di Jepang, AKB48 mempunyai sister grup di Jepang, yaitu SKE48, NMB48, SDN48 dan HKT48. SDN48 sendiri sudah dibubarkan, yang masih bertahan sekarang adalah AKB48, SKE48, NMB48 dan HKT48. JKT48 sendiri adalah sister pertama AKB48 yang ada diluar jepang, Setelah JKT48 dibentuklah SNH48 dan TPE48, cuman sekarang sampai TPE48 belum dibentuk. JKT48 mempunyai motto “Maju bersama Fans” dan membuat mereka mencapai posisi seperti sekarang ini dan JKT48 sendiri juga mempunyai theater bertepatan di lantai 4 mall F(x) Jakarta. Sistem JKT48 sendiri sama seperti AKB48, mulai dari terbentuknya Teather, sistem tiketing, sistem handshake, pemilihan senbatsu (pemilihan 16 anggota untuk single terbarunya) dan sistem lulus, dan mereka tidak diperbolehkan mempunyai hubungan asmara dengan lelaki, tidak boleh memberi foto sembarangan saat berada di jalan, tidak boleh memberi tanda tangan sembarang saat berada di jalan.
            JKT48 ada sistem lulus dan mencari generasi selanjutnya, sampai saat ini JKT48 baru sampai generasi ke-3 dan pada tahun ini 2015 sedang mencari generasi ke-4. Grup JKT48 saat ini sudah ada Team J yang diisi dengan member-member generasi pertama, dan team KIII kenapa namanya KIII ? Karena di KI sudah dipakai AKB48 KII dipakai oleh SKE48, dan sisanya masih trainee, setiap member yang kita suka disebut dengan oshi. Setiap member JKT48 mempunyai perkenalan masing-masing yang sangat mencirikan diri mereka.Theater JKT48 diadakan di salah satu mall di jakarta yaitu F(x), teather diadakan 6-8 kali teather  dalam seminggu, dan yang paling pasti adalah setiap weekend 2 kali show yaitu sabtu dan minggu. Harga tiket teather itu sendiri 50-100 ribu.
         Setelah teater ada acara high five bersama member JKT48 yang show pada saat itu. Apabila ingin foto bersama member dikenakan biaya lagi sebesar Rp. 150.000. Bagi yang ingin ikutan Handshake harus membeli CD single atau album seharga Rp 40.000, agar mendapatkan tiket handshake. Lalu menulis data diri dan memilih member yang akan diajak handsake, lalu mendapatkan tiket. Handshake dilakukan di venue yang telah ditentukan, nanti disana akan discan tiketnya, setelah itu kita bisa handsake sama member. Akan tetapi, kita harus mengantri. Handshake itu sendiri adalah acara salaman dengan oshi kita dan berbincang-bincang bersama oshi kita dan diadakannya games, adanya kumpul bersama official fans club. Diakhir acara ada mini konser dan biasanya ada pengumuman seperti single berikutnya yang akan di rilis. Pemilihan senbatsu itu dipilih oleh fans, fans harus memvoting oshinya dengan cara membeli single yang berisi kertas dengan kode serial yang nanti di input di websitenya lalu pmemilih membernya, setiap satu CD kita bisa memvote 3 kali. Voting juga bisa memalui SMS tetapi ada jangka waktumya. Bisa juga lewat teather, setiap membeli tiket teather dan satu kertas nanti tulis nama oshi kita dan masukin ke kotak yang sudah disediakan. Dan kita  bisa ngevoting berkali-kali agar oshi kita masuk senbatsu. Itulah mengapa fans sangat penting untuk para member. Lagu-lagu JKT48 pun semuanya terjemahan dari AKB48, album pertamanya adalah Heavy Rotation, JKT48 mempunyai single :
1.       River
2.       Yuuhi wo Miteitu Ka? (Apakah Kau Melihat Matahari Senja)
3.       Fortune Cookie in Love (fortune cookie yang mencinta)
4.       Manatsu no Sound Good! (Musim Panas Sound Good!)
5.       Flying Get
6.       Gingham Check
7.       Kokoro no Placard (Papan Penanda Isi Hati)
8.       Kaze wa Fuiteiru (angin sedang berhembus)
            Jumat (24/8/2012) pada konser AKB48 di Tokyo Dome, yang berlangsung selama tiga hari, diumumkan anggota pindahan dari AKB48 ke JKT48 yaitu Haruka Nakagawa dan Aki Takajo, dan pada senin (24/02/2014) Kejutan juga datang dari Rina Chikano yang sebelumnya menjadi member tim K dari AKB48, akhirnya ditransfer menjadi member JKT48 dan Rena Nozawa mengumumkan pindah ke AKB48 pada selasa (18/06/2013).

  
            JKT48 suka mengadakan acara amal, yaitu dengan cara melelang barang-barang kesangan mereka, dan biasanya mereka beli murah tapi fans bisa membeli dengan harga mahal. Bahkan ada fans yang membeli boneka kesayangan member seharga 11juta! Dan ada yang membeli kacamata yang tidak seberapa harganya tapi bisa sampai 1juta! Ada juga yang membeli jaket member sampai 7juta!.
            JKT48 mempunyai banyak fans fanatik, wota--sebutan untuk fans mereka—rela melakukan apa saja demi oshi mereka. Contohnya mengabiskan uang untuk beli CD ngevoting senbatsu yang tidak cukup hanya membeli satu CD, nonton teather, beli Tiket handshake yang tidak cukup hanya dengan membeli satu CD karena satu CD itu 10 detik, membeli tiket konser kalau di luar kota harus membeli tiket pesawat ato kendaraan yang lain, mencari tempat menginap atau di dalam kota mereka sendiri, mengikuti lelang yang harganya tidak murah, ikutan event-event yang lainnya dan bayar juga. Bahkan ada yang mempunyai jadwal setiap pagi wajib memmention member di twitter Ohayou/selamat pagi/good morning,” kalau malam tidak tidur sebelum oshinya bilang “oyasumi,” di twitter. mengumpulkan Merchandise seperti lightstick, photopack yang harganya tidak murah, dan sebagiannya. Setiap JKT48 perfome di siarkan di TV wajib di tonton, bahkan ada yang tenang saat menonton JKT48.. Apa sih hal yang membuat mereka mau melakukan hal seperti itu? Alasannya karena mereka mencitai oshi, ingin melihat langsung oshi, ingin membantu member, ingin melihat perjuangan member dari nol sampai seperti sekarang ini, ingin melihat perkembangan oshi. karena hal itu lah mereka rela melakukan apa saja demi oshi mereka. Dan apa alasan mereka ngefans kepada JKT48? Ada yang bilang ‘karena mereka cantik dan imu-imut’ ‘musiknya enak didengar,’ ‘lagunya bisa bikin semangat lagi,’ ‘karena mereka unik, manggung rame-rame kaya orang mau tauran.’ ‘karena sisternya AKB48, kalau menunggu AKB48 kelamaan dan kejauhan juga, mending JKT48 saja yang deket.’ ‘JKT48 membawa energi positif,’ ‘karena buatan jepang! Walaupun membernya orang indonesia.’ ‘Karena sudah terkana virus dari teman.’ ‘cuman ikut-ikutan doang.’ ‘melihat wotagei seru, pengen jadi salah satu diantara mereka.’ ‘karena tidak punya pacar jadinya ya malam minggu nonton teather JKT48 aja, dari pada ngaggur dirumah.’ Dan sebagiannya. Kebanyakan dari mereka alasannya ya karena member JKT48 itu cantik-cantik dan unik.
          Wotagei sendiri mempunyai gerakan khusus dan unik untuk setiap kali JKT48 perfome dengan lightstick.
         Apa sih dampak positif menjadi seorang wota? Dampak positifnya itu ya bisa mendapatkan banyak teman, ketemu oshi, memberikan semangat, terus ngilangin waktu luang dan mengikuti gerakan wotagei. Karena gerakan wotagei sangat unik dan bisa menyehatkan tubuh. Sedangkan dampak negatifnya itu ya buang-buang duit, lebih asik dengan dunianya sendiri, meninggalkan pacarnya, sahabatnya demi dateng ke semua acara yang di adakan oleh JKT48. Dampaknya memang lebih banyak buang-buang uang.

            Ngefans atau suka sangat boleh, tapi kalau sampai segitunya lebih baik dikurangi aktivitas kalian dengan JKT48 dari pada kalian menyesal nantinya saat kalian sudah tidak suka mereka lagi terus liat barang-barang yang ternyata CDnya setumpuk padahal CD yang sama dan liat barang lelang yang seharusnya harganya tidak seberapa. Jika mengisi waktu luang sangat boleh, tetapi jika sudah sampai berlebihan buat apa? Emangnya oshi yang kalian suka bakalan kalian dapetin? Emangnya oshi yang kalian suka bakalan kenal kalian? Toh kalian tau kan peraturan di JKT48 itu seperti apa? Nunggu oshi kalian lulus baru impian kalian tercapai? Duh memangnya oshi kaian mau sama kalian? Menurut saya di pikirkan lagi deh kegiatan kalian ini, maaf bukan maksud saya menjelekan, saya pun seorang fans, sama seperti kalian, tapi saya mikir dua kalijika caranya harus seperti itu hehe.



 Daftar pustaka


anvielneverdie.blogspot.com/2013/07/alasan-kenapa-cowok-zaman-sekarang-suka.html
disudutkotaini.blogspot.com/2013/07/alasan-mengapa-banyak-orang-menyukai.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar