Minggu, 25 September 2016

Sejarah, Kedudukan dan Fungsi bahasa Indonesia

Sejarah, Kedudukan, dan Fungsi Bahasa Indonesia
Rika Khairana
1815163688
      A. Sejarah Bahasa Indonesia
Dalam perkembangan bahasa Indonesia, diungkapkan bahwa bahasa Indonesia telah mencapai perkembangan yang sangat signifikan, baik dari segi jumlah pengguna bahasanya, maupun dari segi sistem tata bahasa dan kosakata serta maknanya. Bahasa Indonesia telah menjadi bahasa besar mulai digunakan dan dipelajari tidak hanya di seluruh Indonesia, tetapi di banyak Negara.
Pada 25 abad yang lalu terdapat sebuah kelompok bangsa yang menepati daratan di tengah-tengah benua Asia. Menurut perkembangannya akhirnya bahasa Austria pun terpecah menjadi dua kelompok, yakni bahasa Austro-Asia dan bahasa Austronesia (Melayu Polenesia). Dalam hal ini, bahasa Indonesia dipercayai sebagai bahasa melayu. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bahasa Indonesia termasuk dalam rumpun bahasa Austronesia/Melayu Polenesia.
Bahasa melayu dipakai sebagai alat penghubung di anatara penduduk Indonesia yang mempunyai bahasa yang berbeda. Pada abad ke-13, Islam datang ke Indonesia membawa pengaruh pada tradisi tulis dalam bahasa melayu. Selain bahasa Arab, bahasa Portugis juga banyak membawa pengaruh terhadap bahasa melayu. Bahkan, bahasa Portugis pernah menjadi Lingua franca atau bahasa penghubung. Selain bahasa Arab dan Portugis ialah bahasa Sansekerta, bahasa Tamil, bahasa cina.
Beberapa tahun lamanya, akhirnya diputuskan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa penghubung (lingua franca). Pasca berfungsi sebagai bahasa penghubung, bahasa indonesia dari waktu ke waktu mengalami perkembangan sedemikian rupa sehingga menjadi bahasa persatuan, bahasa nasional dan bahasa negara Indonesia.
     
      B. Kedudukan bahasa Indonesia
1.      Kedudukan bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa persatuan. Hal ini tercantum dalam Sumpah Pemuda (28-10-1928). Menjadikan bahasa Indonesia mempunyai kedudukan terhormat, dan menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional. Bahasa indonesia sebagai bahasa nasional dibagi  menjadi empat fungsi, yaitu :
a.      Sebagai lambang identitas nasional
b.      Sebagai lambanh kebanggan nasional
c.       Alat pemersatu berbagai masyarakat yang mempunyai latar belakanbg etnis dan sosial budaya, serta bahasa daerah yang berbeda
d.      Alat penghubung antar budaya
2.      Selain bahasa nasional, bahasa Indonesia juga berkedudukan sebagai bahasa Negara yang memiliki empat fungsui penting, yaitu :
a.      Sebagai bahasa resmi negara
b.      Sebagai pengantar resmi lembaga-lembaga pendidikan
c.       Sebagai bahasa resmi dalam perhubungan tingkat nasional untuk kepentingan perencana dan pelaksaan pembangunan serta pemerintahan.

       C. Fungsi bahasa Indonesia
Fungsi bahasa Indonesia di bagi menjadi dua, yaitu
1.      Fungsi secara umum
a.      Sebagai alat untuk mengungkaokan perasaan atau mengekspresikan diri
b.      Sebagai alat komunikasi
c.       Sebagai alat berintegrasi dan beradaptasi sosial
d.      Sebagai alat kontrol sosial
2.      Fungsi secara khusus
a.      Mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari
b.      Mewujudkan seni (sastra)
c.       Mempelajari bahasa-bahasa kuno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar